Kata
Pengantar
Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus karena berkat dan
penyertaanNya sehingga penyusunan makalah mengenai Desain Grafis ini
dapat terselesaikan dengan begitu baik. Tujuan pembuatan makalah ini karena
berdasarkan tugas dalam mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi).
Dalam makalah ini tersusun beberapa hal dalam hubungannya tentang Desain
Grafis. Didalam makalah ini kita dapat mempelajari tentang Pengertian
dari Desain Grafis, Software-software yang digunakan dalam Desain
Grafis, serta Aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai dalam membuat Desain
Grafis.
Akhir kata, kirannya makalah ini dapat menambah wawasan kita mengenai Desain
Grafis dan dapat dipergunakan dengan semestinya
Tompaso, September 2011
Penulis
Pengertian
Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar
karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain
grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti
jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan,
metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu
yang digunakan (desain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan
keterampilan visual, termasuk di dalamnya typography, ilustrasi, fotografi, pengolahan
gambar, dan tata letak.
Batasan
Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan
pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain
lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip
dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar
dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape,
bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti
keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis),
proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan
desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah
ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau
ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau
dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat
lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan
komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang
susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat
hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa
menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media
tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk
mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki
kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau
komputer.
Daftar
Software Desain Grafis
Desktop publishing
Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah perkembangan tertentu jenis perangkat lunak. Sebelum
penemuan perangkat lunak penerbitan desktop tugas yang terlibat dalam desktop
publishing dilakukan secara manual, oleh berbagai orang dan terlibat baik
desain grafis dan prepress tugas-tugas yang kadang-kadang menyebabkan
kebingungan tentang apa desktop publishing dan bagaimana hal itu dilakukan.
Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan
software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Penerbitan
dokumen Desktop mungkin untuk desktop atau percetakan komersial atau distribusi
elektronik termasuk PDF, menunjukkan slide, newsletter email, dan situs web.
DEFINISI LAMA / TRADISIONAL: Desktop publishing
adalah penggunaan komputer dan software khusus untuk membuat dokumen untuk
desktop atau percetakan komersial. Desktop publishing mengacu pada proses
menggunakan komputer untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter,
brosur, buku, dan publikasi lain yang pernah dibuat secara manual dengan
menggunakan berbagai teknik non-komputer bersama dengan mesin besar
phototypesetting kompleks. Hari ini perangkat lunak penerbitan desktop semua
itu - nyaris. Tapi sebelum PageMaker dan perangkat lunak penerbitan desktop
lainnya ada e-sisik, paste-up, dan cara-cara non-komputer desktop menyusun
rancangan untuk pencetakan.
Benar penerbitan berbicara, desktop adalah perakitan
teknis file digital dalam format yang sesuai untuk dicetak. Dalam penggunaan
praktis, banyak dari desain "grafis" proses juga dilakukan dengan
desktop publishing dan software grafis dan kadang-kadang termasuk dalam
definisi desktop publishing. Perbandingan antara desktop publishing dan desain
grafis:
Apa Desktop Publishing - Ini adalah proses dengan
menggunakan komputer dan tipe tertentu perangkat lunak untuk menggabungkan teks
dan grafis untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku,
dll
Apa itu Desain Grafis - Ini adalah proses dan
seni menggabungkan teks dan grafis dan mengkomunikasikan pesan yang efektif
dalam desain logo, grafis, brosur, buletin, poster, tanda, dan setiap jenis
komunikasi lainnya visual.
Perangkat lunak penerbitan Desktop adalah alat bagi
desainer grafis dan non-desainer untuk menciptakan komunikasi visual.
Desktop Publishing (juga
dikenal sebagai DTP) menggabungkan sebuah komputer pribadi dan WYSIWYG layout halaman perangkat
lunak untuk membuat publikasi dokumen pada komputer baik untuk penerbitan skala
besar atau kecil, skala local, multifungsi peripheral, output dan distribusi.
Desktop publishing
umumnya digunakan untuk menggambarkan tata letak halaman keterampilan.
Namun, keterampilan dan perangkat lunak tidak terbatas pada kertas dan
penerbitan buku. Keterampilan yang sama dan software sering digunakan untuk
membuat grafik untuk menampilkan titik penjualan, materi promosi, pameran,
perdagangan, paket, retail, dan tanda-tanda lainnya. Dengan kata lain, dapat
dikatakan itu adalah aplikasi pembuat desain.
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain
grafis:
Ø Adobe
Photoshop
Ø Adobe
Illustrator
Ø Adobe
Indesign
Ø Page
Maker
Ø Coreldraw
Ø GIMP
Ø Inkscape
Ø Adobe
Freehand
Ø Adobe
image ready
Ø CorelDraw
Web
Design
Pengertian webdesign itu proses penyusunan konsep,
rencana desain, pembuatan model desain web, dan pengeksekusian cetak biru
desain ke dalam bentuk situs. Nantinya situs ini dibuat menggunakan bahasa
markup seperti HTML. Bahasa markup itu diterjemahkan web browser seperti
Internet Explorer, Firefox, Opera, dan WebTV) pada interface software browser
tsb. Nantinya situs menampilkan konten Internet (atau yg biasa kita sebut World
Wide Web atau WWW).
Tujuan mendesain web itu bisa beraneka motif
kepentingan. Namun biasanya, alasan mendesain web itu adalah agar bisa
membangun situs berisi ribuan halaman situs yg tersimpan pada web
server/servers dan menampilkan konten secara interaktif kepada pengguna web
menggunakan web browser. Untuk mencapai tujuan web desain itu, seorang
webdesigner mendesain menggunakan elemen web berikut ini:
1.
WEB
2.
Gambar (format gambar GIF, JPEG, PNG)
3.
HTML, XHTML, XML, dan tag bahasa
pemograman web lainnya
4.
Grapik Vektor
5.
Animasi Flash
6.
Video Quciktime
7. Suara
Beberapa
aplikasi Webdesign:
Ø Adobe
Dreamweaver
Ø Microsoft
Frontpage
Ø Notepad
Ø Adobe Photoshop
Audiovisual
Komunikasi audio visual adalah proses penyampaian
pesan atau informasi dari sumber kapada satu penerima atau lebih dengan cara
memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi pesan atau informasi kepada
penerima dengan melalui media yang menunjangnya. Media yang menunjangnya itu
adalah media elektronik. Contohnya seperti televisi, VCD player, DVD player,
computer dan lain - lainnya yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan
sekaligus memperdengarkan isi pesan dan informasi tersebut. Bentuk aplikasinya
dari komunikasi visual itu bisa berbentuk film yang bersifat entertain maupun
informatif dan iklan seperti yang kita sering lihat di televisi.
Beberapa aplikasi Audiovisual:
Ø Adobe
After Effect
Ø Adobe
Premier
Ø
Sony Vegas
Ø Final
Cut
Ø Adobe
Flash (atau sebelumnya Macromedia Flash)
Ø Ulead
Video Studio
Ø Magic
Movie Edit Pro
Ø Power Director
3D
(3 Dimensi) Rendering
3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah
gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model
tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang
diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.
3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.
3D Rendering merupakan proses yang sangat penting dan telah digunakan untuk berbagai macam penggunaan, seperti program permainan komputer, efek spesial pada film dan program simulasi.
Hasil
Proses 3D Rendering
Terdapat banyak hasil yang dapat diperoleh dan
ditampilkan dari proses 3D Rendering pada suatu sketsa wireframe, diantaranya:
·
Shading; “Variasi warna dan kecerahan yang
timbul pada suatu permukaan berdasarkan pencahayaan yang dilakukan”
·
Texture-Mapping; “Detail yang muncul pada
suatu permukaan”
·
Bump-Mapping; “Kontur yang muncul pada
suatu permukaan”
·
Fogging / Participating Medium; “Bagaimana
berkas cahaya berubah jika melewati udara yang tidak murni”
·
Shadows; “Efek dari cahaya yang terhalang”
·
Soft Shadows; “Variasi efek dari cahaya yang
terhalang tidak sempurna”
·
Reflection; “Refleksi yang tampak pada
permukaan kaca atau gelas”
·
Transparency; “Transmisi cahaya yang
berbeda-beda jika melewati medium tertentu”
·
Translucency; “Transmisi cahaya yang
berbeda-beda jika memantul pada medium tertentu”
·
Refraction; “Cahaya yang berubah arahnya
karena efek transparency”
·
Indirect Illumination; “Cahaya yang datang
pada suatu objek namun tidak berasal dari sumber cahaya yang sebenarnya
melainkan refleksi dari permukaan objek lain”
·
Caustics; “Pantulan cahaya menyilaukan yang
timbul pada suatu objek”
·
Depth Of Field; “Objek yang berada jauh di
depan maupun di belakang objek yang menjadi fokus akan tampak buram”
·
Motion Blur; “Objek yang bergerak dengan
kecepatan tinggi atau objek yang direkam oleh kamera yang berada dalam kecepatan
tinggi akan tampak buram”
·
Photorealistic Morphing; “Teknik yang
memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi tampak terlihat lebih nyata”
·
Non-Photorealistic Rendering ; “Teknik
yang memungkinkan hasil proses render objek 3D menjadi terlihat seperti hasil
lukisan atau gambar”
Pengertian
Parallel Computing
Parallel Computing merupakan teknik menjalankan
program untuk menjalankan suatu proses dengan menggunakan lebih dari satu unit
komputasi. Parallel Computing mempunyai prinsip yang bersesuaian dengan
algoritma Divide and Conquer, yaitu membagi-bagi proses menjadi bagian-bagian
yang cukup kecil dan memungkinkan untuk dikerjakan oleh sebuah unit komputasi.
Terdapat 2 klasifikasi parallel computer yang penting, yaitu :
Terdapat 2 klasifikasi parallel computer yang penting, yaitu :
Sebuah komputer dengan banyak unit komputasi internal,
atau lebih dikenal sebagai Shared Memory Multiprocessor
Beberapa komputer yang terhubung melalui sebuah
jaringan, atau lebih dikenal sebagai Distributed Memory Multicomputer
Beberapa aplikasi Rendering 3 Dimensi
Ø 3D
StudioMax
Ø Maya
Ø AutoCad
Ø Google
SketchUp
Ø Light
Wave
Ø Blender
Sumber: Wikipedia, Google
Sumber: Wikipedia, Google
Sangat lengkap sekali mengenai informasi desain grafis, untuk software2nya pun sudah di sebuktan ,terima kasih sudah sharing dan berbagi ..
ReplyDeletehttp://www.sribu.com/id